Sistem
pembelajaran yang efektif di SLB-A
Sebelum
menjelaskan tentang sistem pembelajaran yang baik pada SLB-A, saya akan
memberikan penjelasan singkat mengenai orang-orang yang berada pada SLB-A,
yaitu tunanetra. Tunanetra adalah seseorang yang memiliki hambatan dalam
penglihatan/ tidak berfungsinya indera penglihatan.
Tunanetra terbagi
atas 2, yaitu:
- Kebutaan Total : yaitu dimana indera penglihata seseorang benar-benar sudah tidak dapat berfungsi lagi
- Low Vision : seseorang dikatakan Low vision apabila orang tersebut mengalami kekurangan penglihatan.
Klasifikasi:
- Berdasarkan waktu terjadinya ketunanetraan:
- Tunanetra sebelum dan sejak lahir
- Tunanetra setelah lahir dan atau pada usia kecil
- Tunenatra pada usia sekolah atau pada masa remaja
- Tunanetra pada usia dewasa
- Tunanetra dalam usia lajut.
- Berdasarkan kemampuan daya penglihatan:
- Tunanetra ringan
- Tunanetra setengah berat
- Tunanetra berat.
Media-media yang digunakan tunanetra:
- Papan baca (Kenop),
- Reglette dan Stilus (pena) yaitu alat tulis manual,
- Mesin tik Braille (Perkins Braille)
- Kaset
Media
Pembelajaran yang diterapkan pada anak-anak tunanetra di beberapa Sekolah Luar
Biasa (SLB) meliputi:
- alat bantu menulis huruf Braille (Reglette, Pen dan mesin ketik Braille);
- alat bantu membaca huruf Braille (Papan huruf dan Optacon);
- alat bantu berhitung (Cubaritma, Sempoa, Speech Calculator)
- alat bantu yang bersifat audio seperti tape-recorder.
Sistem belajar
efektif
Untuk
mengetahui sistem belajar yang efektif bagi penyandang tunenetra, ada beberapa
prinsip yang harus kita ketahui terlebih dahulu. Prinsip-prinsip tersebut
adalah:
1)
Prinsip
Individual
Prinsip individual adalah prinsip
umum dalam pembelajaran manapun (SLB maupun pendidikan umum) guru dituntut
untuk memperhatikan adanya perbedaan-perbedaan individu. Dalam pendidikan
tunanetra, perbedaan dari individu itu sendiri menjadi lebih luas dan kompleks.
Karena adanya perbedaan-perbedaan umum seperti usia, kemampuan mental, fisik,
kesehatan, sosial, dan budaya, anak tunanetra menunjukkan sejumlah perbedaan
khusus yang berhubungan dengan ketunanetraannya (tingkat ketunanetraan, masa
terjadinya kecacatan, sebab-sebab ketunanetraan, dampak sosial-psikologis
akibat kecacatan, dll). Secara umum, harus ada beberapa perbedaan layanan
pendidikan antara anak low vision dengan anak yang buta total. Prinsip layanan
individu ini lebih jauh mengisyaratkan perlunya guru untuk merancang strategi
pembelajaran yang sesuai dengan keadaan anak.
2)
Prinsip
totalitas
Anak tunanetra kemungkinan dapat
memperoleh pengalaman objek secara utuh jika menggunakan semua pengalaman alat
inderanya yang masih berfungsi untuk memahami suatu konsep. Hal tersebut
disebut juga dengan multi sensory
approach, yaitu penggunaan semua alat indera yang masih berfungsi secara
menyeluruh mengenai suatu objek. Untuk mendapatkan gambaran mengenai burung,
anak tunanetra harus melibatkan perabaan untuk mengenai ukuran bentuk, sifat
permukaan, kehangatan. Dia juga harus memanfaatkan pendengarannya untuk
mengenali suara burung dan bahkan mungkin juga penciumannya agar mengenali bau
khas burung. Pengalaman anak mengenai burung akan menjadi lebih luas dan
menyeluruh dibandingkan dengan anak yang hanya menggunakan satu inderanya dalam
mengamati burung tersebut. Hilangnya penglihatan pada anak tunanetra
menyebabkan dirinya menjadi sulit untuk mendapatkan gambaran yang menyeluruh
mengenai objek-objek yang tidak bisa diamati secara seretak (suatu situasi atau
benda berukuran besar). Oleh sebab itu, perabaan dengan beberapa tekhnik
penggunaannya menjadi sangatlah penting.
3)
Prinsip
aktivitas mandiri (selfactivity)
Strategi pembelajaran haruslah
memungkinkan atau mendorong anak tunanetra belajar secara aktif dan mandiri.
Anak belajar mencari dan menemukan, sementara guru adalah fasilitator yang
memudahkan siswa untuk belajar dan sekaligus sebagai motivator yang
membangkitkan keinginannya untuk belajar. Prinsip ini pun mengisyaratkan bahwa
strategi pembelajaran harus memungkinkan siswa untuk bekerja dan mengalami,
bukan mendengar dan mencatat. Keharusan ini memiliki implikasi terhadap
perlunya siswa mengetahui, menguasai, dan menjalani proses dalam memperoleh
fakta atau konsep. Isi pelajaran (fakta, konsep) adalah penting bagi anak,
tetapi akan lebih penting lagi bila anak menguasai dan mengalami guna
mendapatkan isi pelajaran tersebut.
Strategi Sistem Belajar pada
SLB-A
- Strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru harus memungkinkan anak tunanetra mendapatkan pengalaman secara nyata dari apa yang dipelajarinya. Siswa tidak hanya diajarkan tentang pembelajaran akademis, namun siswa harus diajarkan mengenai objek-objek yang ada disekitarnya dan diusahakan untuk menggunakan objek tersebut secara langsung
- Guru perlu merancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan keadaan anak, karena terdapat perbedaan-perbedaan jelas dari masing-masing anak yang mengalami kebutaan, seperti penerimaan diri, ras, budaya, keluarga, serta tingkatan dari kebutaan itu sendiri juga dapat mempengaruhi bagaimana anak tersebut belajar. Guru disarankan untuk membedakan kelas bagi anak yang mengalami kebutaan total dan low vision; dan juga guru diharapkan mengerti mengenai perbedaan-perbedaan kognisi dari anak tersebut.
- Buatlah satu mata pelajaran, dimana siswa-siswa dapat menceritakan tentang dirinya dan diajarkan untuk terbuka dan menerima diri masing-masing bagi siswa tertentu atau dapat juga membuat sesi konseling bagi siswa yang membutuhkan hal tersebut.
- Strategi pembelajaran harus memungkinkan adanya akses langsung terhadap objek, atau situasi karena seperti yang kita ketahui anak tunanetra tidak dapat belajar melalui pengamatan visual yang memiliki jarak, bunga yang sedang mekar, pesawat yang sedang terbang, atau seekor semut yang sedang mengangkut makanan. Anak penyandang tunanetra harus dibimbing untuk meraba, mendengar, mencium, mengecap, mengalami situasi secara langsung dan juga melihat bagi anak low vision. Untuk memudahkan proses tersebut, dibutuhkannya media atau alat yang perlu dikembangkan untuk anak tunanetra agar dapat memahami dan merasakan suatu objek.
- Seperti yang dapat dilihat pada prinsip kedua, guru atau pembimbing bagi anak tunanetra disarankan untuk memberikan suatu kegiatan kegiatan yang bersifat outdoor, dimana anak-anak tunanetra dapat dikenalkan dengan objek-objek alam dengan menggunakan alat indera yang masih berfungsi.
- Berikan waktu atau kegiatan bagi anak/siswa tunanetra untuk mengembangkan potensinya masing-masing, seperti bernyanyi, memainkan musik, melukis, dan lain-lain.
B. SLB-B
Metode Pengajaran Bahasa bagi Anak Tunarungu
Terdapat
tiga metode utama individu tunarungu belajar bahasa, yaitu dengan membaca ujaran,
melalui pendengaran, dan dengan komunikasi manual, atau dengan kombinasi ketiga
cara tersebut.
1) Belajar Bahasa Melalui Membaca Ujaran (Speechreading)
Orang
dapat memahami pembicaraan orang lain dengan “membaca” ujarannya melalui
gerakan bibirnya. Akan tetapi, hanya sekitar 50% bunyi ujaran yang dapat
terlihat pada bibir (Berger, 1972). Di antara 50% lainnya, sebagian dibuat di
belakang bibir yang tertutup atau jauh di bagian belakang mulut sehingga tidak
kelihatan, atau ada juga bunyi ujaran yang pada bibir tampak sama sehingga
pembaca bibir tidak dapat memastikan bunyi apa yang dilihatnya. Hal ini sangat
menyulitkan bagi mereka yang ketunarunguannya terjadi pada masa prabahasa.
Seseorang dapat menjadi pembaca ujaran yang baik bila ditopang oleh pengetahuan
yang baik tentang struktur bahasa sehingga dapat membuat dugaan yang tepat
mengenai bunyi-bunyi yang “tersembunyi” itu. Jadi, orang tunarungu yang
bahasanya normal biasanya merupakan pembaca ujaran yang lebih baik daripada
tunarungu prabahasa, dan bahkan terdapat bukti bahwa orang non-tunarungu tanpa
latihan dapat membaca bibir lebih baik daripada orang tunarungu yang terpaksa
harus bergantung pada cara ini (Ashman & Elkins,1994).
Kelemahan sistem baca ujaran ini dapat diatasi bila digabung dengan sistem cued speech (isyarat ujaran). Cued Speech adalah isyarat gerakan tangan untuk melengkapi membaca ujaran (speechreading).
Kelemahan sistem baca ujaran ini dapat diatasi bila digabung dengan sistem cued speech (isyarat ujaran). Cued Speech adalah isyarat gerakan tangan untuk melengkapi membaca ujaran (speechreading).
Delapan
bentuk tangan yang menggambarkan kelompok-kelompok konsonan diletakkan pada
empat posisi di sekitar wajah yang menunjukkan kelompok-kelompok bunyi vokal.
Digabungkan dengan gerakan alami bibir pada saat berbicara, isyarat-isyarat ini
membuat bahasa lisan menjadi lebih tampak (Caldwell, 1997). Cued Speech
dikembangkan oleh R. Orin Cornett, Ph.D. di Gallaudet University pada tahun
1965 66. Isyarat ini dikembangkan sebagai respon terhadap laporan penelitian
pemerintah federal AS yang tidak puas dengan tingkat melek huruf di kalangan
tunarungu lulusan sekolah menengah. Tujuan dari pengembangan komunikasi isyarat
ini adalah untuk meningkatkan perkembangan bahasa anak tunarungu dan memberi
mereka fondasi untuk keterampilan membaca dan menulis dengan bahasa yang baik
dan benar. Cued Speech telah diadaptasikan ke sekitar 60 bahasa dan dialek.
Keuntungan dari sistem isyarat ini adalah mudah dipelajari (hanya dalam waktu
18 jam), dapat dipergunakan untuk mengisyaratkan segala macam kata (termasuk
kata-kata prokem) maupun bunyi-bunyi non-bahasa. Anak tunarungu yang tumbuh
dengan menggunakan cued speech ini mampu membaca dan menulis setara dengan
teman-teman sekelasnya yang non-tunarungu (Wandel, 1989 dalam Caldwell, 1997).
2) Belajar Bahasa Melalui Pendengaran
Ashman
& Elkins (1994) mengemukakan bahwa individu tunarungu dari semua tingkat
ketunarunguan dapat memperoleh manfaat dari alat bantu dengar tertentu. Alat
bantu dengar yang telah terbukti efektif bagi jenis ketunarunguan sensorineural
dengan tingkat yang berat sekali adalah cochlear implant. Cochlear implant
adalah prostesis alat pendengaran yang terdiri dari dua komponen, yaitu
komponen eksternal (mikropon dan speech processor) yang dipakai oleh pengguna,
dan komponen internal (rangkaian elektroda yang melalui pembedahan dimasukkan
ke dalam cochlea (ujung organ pendengaran) di telinga bagian dalam. Komponen
eksternal dan internal tersebut dihubungkan secara elektrik. Prostesis cochlear
implant dirancang untuk menciptakan rangsangan pendengaran dengan langsung
memberikan stimulasi elektrik pada syaraf pendengaran (Laughton, 1997).
Akan
tetapi, meskipun dalam lingkungan auditer terbaik, jumlah bunyi ujaran yang
dapat dikenali secara cukup baik oleh orang dengan klasifikasi ketunarunguan
berat untuk memungkinkannya memperoleh gambaran yang lengkap tentang struktur
sintaksis dan fonologi bahasa itu terbatas. Tetapi ini tidak berarti bahwa
penyandang ketunarunguan yang berat sekali tidak dapat memperoleh manfaat dari
bunyi yang diamplifikasi dengan alat bantu dengar. Yang menjadi masalah besar
dalam hal ini adalah bahwa individu tunarungu jarang dapat mendengarkan bunyi
ujaran dalam kondisi optimal. Faktor-faktor tersebut mengakibatkan individu
tunarungu tidak dapat memperoleh manfaat yang maksimal dari alat bantu dengar
yang dipergunakannya. Di samping itu, banyak penelitian menunjukkan bahwa
sebagian besar alat bantu dengar yang dipergunakan individu tunarungu itu tidak
berfungsi dengan baik akibat kehabisan batrai dan earmould yang tidak cocok.
3) Belajar Bahasa secara Manual
Secara
alami, individu tunarungu cenderung mengembangkan cara komunikasi manual atau
bahasa isyarat. Untuk tujuan universalitas, berbagai negara telah mengembangkan
bahasa isyarat yang dibakukan secara nasional. Ashman & Elkins (1994)
mengemukakan bahwa komunikasi manual dengan bahasa isyarat yang baku memberikan
gambaran lengkap tentang bahasa kepada tunarungu, sehingga mereka perlu
mempelajarinya dengan baik. Kerugian penggunaan bahasa isyarat ini adalah bahwa
para penggunanya cenderung membentuk masyarakat yang eksklusif.
C. SLB-C
·
SLB bagian C adalah sekolah luar biasa untuk
Tunagrahita yaitu individu yang
memiliki intelegensi yang signifikan dibawah rata-rata disertai dengan ketidakmampuan
adaptasi perilaku yang muncul dalam masa perkembangan. Pembelajaran untuk tuna grahita
ditujukan pada kemampuan bina diri dan sosialisasi.Klasifikasi tuna grahita berdasarkan
pada tingkatan IQ.
1.
Tunagrahitaringan (IQ : 51-70),
2.
Tunagrahitasedang (IQ : 36-51),
3.
Tunagrahitaberat (IQ : 20-35),
4.
Tunagrahitasangatberat (IQ dibawah
20).
·
Anak tuna grahita adalah yang memiliki keterbelakangan
mental dari anak normal pada umumnya. Di sekitar kita banyak dijumpai anak tuna
grahita atau anak terbelakang mental. Mereka biasanya menarik diri dari pergaulan
karena mereka sering dihina oleh teman dan lingkungannya sebagai anak yang
bodoh.
·
Asas pengajaran yang selama ini telah diterapkan
di sekolah luar biasa bagian C yaitu:
a.Asas
Keperagaan
Karena anak tuna grahita sangat lambat
daya tangkapnya maka penggunaan alat bantu mengajar sangat bermanfaat. Manfaat penggunaan
alat peraga bagi anak tuna grahita yaitu untuk menarik minat anak untuk belajar
agar anak tidak cepat bosan karena anak
tuna grahita cepat sekali bosan dalam menerima
pelajaran, mencegah verbalisme yaitu anak hanyatahu kata-kata tanpa mengerti maksudnya
anak tuna grahita sering menirukan apa yang didengar atau dikatakan oleh temannya
padahal mereka tidak tahu maksud yang dikatakan tersebut, dengan alat peraga pengalaman
anak akan diberikan secara baik yaitu dari yang paling kongkret menuju ke hal
yang kongkret akhirnya ke hal-hal yang abstrak, anak akan mendapat pengertian
yang mendalam. Untu kanak tuna grahita penggunaan alat peraga ini lebih banyak karena
berguna membantu proses berpikir anak, meskipun pengertian materi-materi tersebut
sangat sederhana.
b.Asas
Kehidupan Konkret
Di dalam penerapan asas ini anak diperlihatkan dengan benda atau dengan situasi yang sesungguhnya, kemudian dijelaskan pula penggunaan atau kenyataan
yang sesungguhnya dalam kehidupan sehari-hari.
Suatu contoh anak diajak kepasar, dikenalkan alat-alat atau kebutuhan makanan sehari-hari. Misal: panci, sendok, piring, garpu dan lain-lain beserta penggunaan atau bahan makan missal beras, sayuran, gula, dan sebagainya. Atau contoh lain anak dikenalkan alat-alat yang dipergunakan untuk membersihkan gigi, dijelaskan bagaimana cara menggunakan sekaligus diberi pengertian dengan menggosok gigi secara rutin dapat terjaga kesehatan giginya.
Suatu contoh anak diajak kepasar, dikenalkan alat-alat atau kebutuhan makanan sehari-hari. Misal: panci, sendok, piring, garpu dan lain-lain beserta penggunaan atau bahan makan missal beras, sayuran, gula, dan sebagainya. Atau contoh lain anak dikenalkan alat-alat yang dipergunakan untuk membersihkan gigi, dijelaskan bagaimana cara menggunakan sekaligus diberi pengertian dengan menggosok gigi secara rutin dapat terjaga kesehatan giginya.
c.Asas Sosialisasi
Bersosialisasi penting sekali bagi anak
tuna grahita. anak tuna grahita harus belajar mewujudkan dirinya sendiri dan diharapkan anak merasa bahwa dirinya punya pribadi yang ada persamaan dan perbedaan dengan pribadi yang lain. Dengan penerapan asas ini diharapkan anak terbelakang dapat menemukan tempat tertentu dalam masyarakat
yang sesuai dengan kemampuannya dan dapat mengembangkan tingkah laku
yang sesuai serta dapat diterima dalam masyarakat.
d.Asas Skala Perkembangan Mental
Mengingat bahwa anak
tuna grahita mempunyai keterbelakangan dalam kemampuan berpikir, akibatnya ada anak
yang mempunyai umur kalender lebih banyak, sedang umur mentalnya dibawah umur kalendernya. Oleh sebab itu dalam pengajaran diterapkan asas skala perkembangan
mental. Asas ini berhubungan dengan penempatan anak di dalam kelas-kelas. Pengajaran akan berhasil apabila di dalam suatu kelas perkembangan mental anak sama atau hamper sama,
sehingga memudahkan dalam memberikan materi pelajaran. Meskipun demikian dalam menyampaikan pelajaran guru harus menyesuaikan dengan kemampuan masing-masing anak.
e.Asas Individual
Maksud asas individual yaitu pemberian bantuan atau bimbingan kepada seseorang sesuai dengan kemampuannya agar dapat belajar dengan baik. Asas ini penting sekali bagi anak
tuna grahita dikarenakan kemampuannya yang terbatas sehingga menghambat perkembangan kepribadian. Oleh karena itulah perlu pengajaran individual. Karena selain kemampuan
yang terbatas, anak tuna grahita cenderung terganggu emosinya/
emosi tidak stabil dimana hal ini merupakan penghambat, maka perlu pengajaran
individual guna mencari sebab dan cara mengurangi gangguan tersebut.
·
Implikasipendidikanbagianaktunagrahita:
1.
Terapigerak
2.
Terapibermain
3.
Kemampuanmerawatdiri
4.
Keterampilanhidup
5.
Terapibekerja
·
Pelayananpendidikan
yang diberikan:
1.
Kelas transisi
Merupakan kelas bagi anak tuna grahita yang berada di sekolah regular sebagai persiapan dan pengenalan pengajaran dengan acuan kurikulum
SD dengan modifikasi sesuai kebutuhan anak.
2.
Sekolah khusus (sekolah luar biasa bagian
C dan C1)
Layanan pendidikan untuk anak tuna grahita yang diberikan pada sekolah luar biasa. Kegiatan belajar mengajar sepanjang hari di kelas khusus, untuk anak tuna grahita ringan dapat bersekolah
di SLB-C, sedangkan anak tuna grahita sedang dapat bersekolah di SLB-C1.
3.
Pendidikan terpadu
Anak tuna grahita belajar bersama-sama dengan anak reguler
di kelas yang sama dengan bimbingan guru regular pada sekolah reguler.
Jika anak tuna grahita mempunyai kesulitan akan mendapat bimbingan dari guru pembimbing khusus dari SLB terdekat.
4.
Program
sekolah dirumah
Program
ini ditujukan bagi anak tuna grahita yang tidak mampu mengikuti pendidikan
di sekolah khusus karena keterbatasan,
misal: sakit.
5.
Program inklusif
Layanan pendidikan inklusi diselenggarakan pada sekolah reguler.
Anak tuna grahita belajar bersama – sama dengan anak reguler,pada kelas dan guru/pembimbing yang sama.
6.
Panti
(Griya) Rehabilitasi Panti ini ditujukan bagi anak tuna grahita berat, yang mempunyai kemampuan pada tingkat sangat rendah, dan pada umumnya memiliki kelainan ganda seperti penglihatan,pendengaran,
atau motorik.
D.
SLB-D
Sistem Pendidikan Bagi Anak Tunadaksa
Anak
Tunadaksa (cacat tubuh) termasuk salah satu jenis anak berkebutuhan khusus yang
memiliki kelainan atau kecacatan pada fisiknya, yaitu pada sistem otot, tulang
dan persendian akibat dari adanya penyakit, kecelakaan, bawaan sejak lahir, dan
atau kerusakan di otak.
Kelainan
atau kecacatan yang disandang oleh seseorang memiliki dampak langsung (primer)
dan tidak langsung (sekunder), baik terhadap diri anak yang memiliki kecacatan
itu sendiri maupun terhadap keluarga dan masyarakat.
Dampak langsung atau primer dari kecacatan tunadaksa adalah adanya gangguan mobilitas atau ambulasi, gangguan dalam melakukan aktivitas kehidupan sehari-hari (Aktivity of Daily Living/ADL), gangguan dalam komunikasi, gangguan fungsi mental, dan gangguan sensoris. Sedangkan dampak tidak langsung atau dampak sekunder adalah reaksi penyandang kelainan tersebut (Franklin C.Schortz,1980). Artinya bagaimana anak menghadapi masalah yang ditimbulkan oleh kecacatan yang disandang dalam kehidupannya. Semua dampak kecacatan tersebut akhirnya akan menimbulkan permasalahan. Karena itu, masalah tersebut perlu segera memperoleh penanganan sesuai dengan kebutuhan masing-masing anak.
Dampak langsung atau primer dari kecacatan tunadaksa adalah adanya gangguan mobilitas atau ambulasi, gangguan dalam melakukan aktivitas kehidupan sehari-hari (Aktivity of Daily Living/ADL), gangguan dalam komunikasi, gangguan fungsi mental, dan gangguan sensoris. Sedangkan dampak tidak langsung atau dampak sekunder adalah reaksi penyandang kelainan tersebut (Franklin C.Schortz,1980). Artinya bagaimana anak menghadapi masalah yang ditimbulkan oleh kecacatan yang disandang dalam kehidupannya. Semua dampak kecacatan tersebut akhirnya akan menimbulkan permasalahan. Karena itu, masalah tersebut perlu segera memperoleh penanganan sesuai dengan kebutuhan masing-masing anak.
Pada
dasarnya kebutuhan anak Tunadaksa dapat diklasifikasikan menjadi tiga, yaitu:
kebutuhan untuk memperoleh pelayanan medik guna mengurangi permasalahan yang
dialami anak di bidang medis, kebutuhan untuk memperoleh pelayanan rehabilitasi
dan habilitasi guna mengurangi gangguan fungsi sebagai dampak dari adanya
kecacatan tunadaksa, dan kebutuhan untuk memperoleh pendidikan khusus.
Rehabilitasi pendidikan diwujudkan berupa Sekolah Luar Biasa (SLB) Bagian D
(Tunadaksa).
Tujuan
umum pendidikan di SLB-D adalah untuk mengembangkan potensi siswa secara
optimal dan tujuan khususnya agar siswa dapat mandiri minimal dapat mengurus dirinya
sendiri, menjadi lebih baik. Untuk mencapai tujuan pendidikan tersebut di
sekolah telah melaksanakan berbagai kegiatan seperti pembelajaran, latihan, dan
bimbingan baik pada siswa maupun pada orang tuanya.
B.
PENDIDIKAN YANG IDEAL BAGI ANAK TUNADAKSA
Tujuan
pendidikan anak Tunadaksa bersifat ganda (dual purpose), yaitu yang berhubungan
dengan aspek rehabilitasi pemulihan dan pengembangan fungsi fisik, dan yang
berkaitan dengan pendidikan yang mengacu pada tujuan pendidikan nasional
bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang
beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat,
berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis
serta bertanggung jawab.
Frances
P. Connor (1995) mengemukakan sekurang-kurangnya ada 7 aspek yang perlu
dikembangkan pada diri masing-masing anak Tunadaksa melalui pendidikan, yaitu:
(1) pengembangan intelektual dan akademik, (2) membantu perkembangan fisik, (3)
meningkatkan perkembangan emosi dan penerimaan diri anak, (4) mematangkan aspek
sosial, (5) mematangkan moral dan spiritual, (6) meningkatkan ekspresi diri,
dan (7) mempersiapkan masa depan anak.
Adapun prinsip dasar program pendidikannya meliputi:
Adapun prinsip dasar program pendidikannya meliputi:
1.Keseluruhan anak (All the children)
2. Kenyataan
(Reality)
3.
Program yang dinamis (A dynamic program)
4.
Kesempatan yang sama (Equality of opportunity)
5.
Kerjasama (Cooperative)
Sedangkan
prinsip khusus pendidikannya terdiri dari prinsip multisensori dan prinsip
individualisasi. Multisensori berarti banyak indera, maksudnya dalam proses
pendidikan pada anak tunadaksa sedapat mungkin memanfaatkan dan mengembangkan
indera-indera yang ada dalam diri anak agar kesan pendidikan yang diterimanya
lebih baik. Prinsip individualisasi berarti kemampuan masing-masing diri
individu lebih dijadikan titik tolak dalam memberikan pendidikan pada mereka.
Model layanannya dapat berbentuk individual dan klasikal pada individu yang
cenderung memiliki kemampuan yang hampir sama, bahan pelajaran yang diberikan
pada siswa sesuai dengan kemampuan masing-masing anak. Layanan pendidikan untuk
anak Tunadaksa dapat dilakukan dengan pendekatan guru kelas, guru mata
pelajaran/bidang studi, campuran dan pengajaran tim.
Pembelajaran
di sekolah idealnya sebagai berikut:
a.Perencanaan
kegiatan belajar mengajar: Program pendidikan yang diindividualisasikan
b. Prinsip Pembelajaran: Prinsip multisensori dan prinsip individualisasi
b. Prinsip Pembelajaran: Prinsip multisensori dan prinsip individualisasi
c.
Penataan Lingkungan Belajar.
Bangunan
gedung memprioritaskan tiga kemudahan: mudah keluar masuk, mudah bergerak dalam
ruangan, dan mudah mengadakan penyesuaian.
d.
Personil: guru PLB, guru regular, dokter ahli anak, dokter ahli rehab medis,
dokter ahli ortopedi, dokter ahli syaraf, psikolog, guru BP, social worker,
fisioterapist, occupational therapist, speechterapist, orthotic dan prosthetic.
e.
Bimbingan Belajar Anak
Tunadaksa memerlukan bimbingan belajar membaca, menulis, dan berhitung. Ketiga
kemampuan dasar ini perlu memperoleh layanan sedini mungkin sesuai dengan
kebutuhan masing-masing anak, manakala telah memasuki program sekolah dasar.
f.
Pembinaan Karier dan Pekerjaan
Untuk
mempersiapkan masa depan anak, di sekolah perlu adanya pembinaan karier.
Pengertian karier tidak dipandang hanya sebagai pekerjaan yang diberikan pada
tamatan sekolah menengah atas, tetapi dibutuhkan oleh semua siswa sejak Taman
Kanak-Kanak sampai Perguruan Tinggi. Pada jenjang TKLB dan SDLB materi
pembahasannya adalah untuk memberikan pengertian dasar mengenai kemungkinan
pekerjaan dalam hidup kelak dan memberikan kesadaran bahwa sekolah memberi
kesempatan untuk bereksplorasi dalam mempersiapkan kehidupan kelak; sedangkan
pada tingkatan yang lebih tinggi selain melanjutkan materi tersebut telah
diarahkan pada prevokasional maupun vokasional.
Pembinaan
karier dan pekerjaan dimulai dari kegiatan asesmen karir dan pekerjaan agar
dapat menyusun program pembinaan karir dan vokasional yang sesuai dengan
kondisi kemampuan dan kecacatan anak tunadaksa. Berkaitan dengan penyusunan
program, Philip (1986) mengemukakan bahwa program yang disusun harus berbentuk
IEP (Individualized Educational Program) yang mempunyai ciri-ciri sasaran untuk
remidi bila siswa mengalami kesulitan dalam membaca formulir pekerjaan,
berkomunikasi dengan menggunakan telepon, penggunaan uang dalam pekerjaan, dll.
Salah satu contoh pogram IEP adalah pengembangan motorik halus untuk pekerjaan
menjahit, pertanaman, mengatur makanan, dll.
Alur
pembinaan karier dan pekerjaan dapat disajikan seperti berikut:
Asesmen → pemograman → proses → evaluasi → daya guna/tepat guna
C. SISTEM PENDIDIKAN ATD DI RUANG SUMBER BELAJAR (RSB)
cara melakukan proses belajar mengajar di Ruang Sumber Belajar (RSB). Hal ini dilakukan berdasarkan pertimbangan bahwa: RSB lebih dapat meningkatkan potensi anak secara optimal, karena di RSB terdapat banyak sumber dan alat-alat yang dapat membantu pemahaman anak dalam belajar. Disamping itu juga anak sambil latihan bergerak dengan berpindah antar RSB, anak tidak mudah bosan dan pengajaran yang diberikan sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan anak.
1. Tujuan Belajar di RSB
Asesmen → pemograman → proses → evaluasi → daya guna/tepat guna
C. SISTEM PENDIDIKAN ATD DI RUANG SUMBER BELAJAR (RSB)
cara melakukan proses belajar mengajar di Ruang Sumber Belajar (RSB). Hal ini dilakukan berdasarkan pertimbangan bahwa: RSB lebih dapat meningkatkan potensi anak secara optimal, karena di RSB terdapat banyak sumber dan alat-alat yang dapat membantu pemahaman anak dalam belajar. Disamping itu juga anak sambil latihan bergerak dengan berpindah antar RSB, anak tidak mudah bosan dan pengajaran yang diberikan sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan anak.
1. Tujuan Belajar di RSB
Secara
umum bertujuan untuk mengembangkan potensi anak seoptimal mungkin, dan secara
khusus agar anak Tunadaksa dapat mandiri baik dalam mengurus dirinya sendiri
maupun dapat menghidupi dirinya. Minimal menjadi lebih baik atau selangkah
lebih maju dari apa yang telah dimiliki anak.
2. Proses Belajar di RSB
2. Proses Belajar di RSB
Langkah-langkah
belajar di RSB melalui prosedur sebagai berikut:ATD→PENGELOMPOKAN→ASSESMEN→PENYUSUNAN PROGRAM (IEP)→PELAKSANAAN PBM DI
RSB→EVALUASI→FOLLOW UP.
Berdasarkan proses tersebut, maka RSB ditata sesuai dengan kurikulum yang digunakan, yaitu meliputi:
Berdasarkan proses tersebut, maka RSB ditata sesuai dengan kurikulum yang digunakan, yaitu meliputi:
a.
Ruang assesmen
b.
Ruang program umum yang terdiri dari semua bidang studi yang diajarkan, yaitu:
RSB Agama, RSB Bahasa, RSB Matematika, RSB IPA, RSB IPS, RSB PPKN, RSB
Kesenian, RSB Keterampilan, dan RSB Penjaskes.
c.
Ruang program khusus yang terdiri dari: RSB Bina Diri, RSB Bina Gerak, dan RSB
Bina Bicara.
d.
Ruang program muatan lokal yang terdiri dari: RSB Kesenian Daerah
e.
Ruang program pilihan yang terdiri dari: RSB Pertukangan, menjahit, memasak,
komputer, fotograpi, dll.
3.
Cara Belajar di RSB
Sebelum
belajar di RSB, ATD perlu diklasifikasikan sesuai dengan kriteria menjadi
kelompok akademik, kelompok keterampilan, kelompok pengembangan, dan kelompok
Autis. Kegiatan selanjutnya adalah sebagai berikut:
a.
Melaksanakan assesmen per anak sebagai dasar penyusunan program.
Adapun
jenis asesmen yang dilakukan meliputi:
1)
Pengumpulan data kemampuan dan ketidakmampuan fisik tentang: kekuatan
otot-otot, luas daerah gerak sendi (Range of Motion/ROM), kemampuan motorik
halus dan motorik kasar, dan kemampuan gerak dasar tubuh yang dilakukan oleh
Fisioterapist dan dokter ahli rehabilitasi.
2)
Pengumpulan data kemampuan psikis tentang: tingkat kecerdasan, bakat, minat,
dan emosi, dilakukan oleh Psikolog.
3)
Pengumpulan data kemampuan akademik dan keterampilan dasar tentang: calistung,
bidang studi, dan aktivitas kehidupan sehari-hari (Aktivity of Daily Living/ADL)
dilakukan oleh guru-guru.
4)
Pengumpulan data kemampuan sosialnya, dilakukan oleh guru dan sosial worker.
5)
Pengumpulan data kemampuan keterampilan/vocasional dilakukan oleh guru
keterampilan.
b.
Penyusunan Program
1)
Program kelompok disusun sebagai berikut:
a)
Kelompok akademik programnya sesuai kurikulum yang disesuaikan dengan kemampuan
nyata anak.
b)
Kelompok keterampilan programnya: Calistung dan keterampilan dasar sesuai
dengan kemampuannya.
c)
Kelompok pengembangan programnya: sosialisasi, bermain, dan day care d) Kelompok autis, programnya
individual
2)
Program individual disusun berdasarkan kemampuan masing-masing anak c. Pelaksanaan Program Belajar di
RSB
Proses
belajar mengajar di RSB dilaksanakan per kelompok yang kemampuannya sama atau
hampir sama. Proses belajarnya bertitik tolak pada kemampuan masing-masing anak
dengan berprinsip pada individualisasi pengajaran. d.
Evaluasi
Evaluasi
dilaksanakan baik pada saat proses belajar berlangsung maupun setelah selesai
(Evaluasi proses dan hasil).
e. Bimbingan
Belajar
Bagi
ATD yang mengalami kesulitan dalam belajar perlu diberikan bimbingan baik
secara individual maupun secara kelompok dengan remedial teaching.
f.
Pembinaan Karier dan Pekerjaan
Kegiatannya
dimulai sejak melakukan asesmen kemampuan keterampilan dasar oleh guru
keterampilan dan psikolog untuk mengetahui kemampuan dan minatnya. Selanjutnya
disusun programnya sesuai dengan kondisi kemampuan dan kecacatan anak.
Pelaksanaannya diintegrasikan dalam proses belajar mengajar. Bagi siswa pasca
sekolah perlu pembinaan dan latihan-latihan khusus untuk mempersiapkan
pekerjaannya.
E.
SLB-E
Istilah tunalaras berasal dari
dari kata “tuna” yang berarti kurang dan “laras” berarti sesuai. Jadi anak
tunalaras berarti anak yang bertingkah laku kurang sesuai dengan lingkungan.
Perilakunya sering bertentangan dengan norma-norma yang terdapat didalam
masyarakat tempat ia berada.
Berangkat
dari pemikiran di atas, seseorang yang diidentifikasi mengalami gangguan atau
kelainan perilaku adalah individu yang; (1) tidak mampu mendefinisikan secara
tepat kesehatan mental dan perilaku yang normal, (2) tidak mampu mengukur emosi
dan perilakunya sendiri, dan (3) mengalami kesulitan dalam menjalankan fungsi
sosialisasi
Anak
yang dikategorikan memiliki kelainan emosi (emotional disturb) adalah
anak yang mengalami kesulitan menyesuaikan perilakunya dengan lingkungan sosial
karena adanya tekanan dari dalam (inner tension), akibat adanya
hal-hal yang bersifat neurotic atau psikotic. Indikasi anak
berkelainan emosi dapat dipantau dari tekanan jiwa yang ditunjukkan dalam
bentuk kecemasan yang mendalam (anxiety, neurotism) maupun perilaku psikose.
Perilaku anak penyandang kelainan emosi dalam konteks yang lebih besar
mengalami penyimpangan penyesuaian perilaku social.
Beberapa bentuk kelainan perilaku
atau ketunalarasan yang dikategorikan kesulitan penyesuaian perilaku sosial (social
maladjusted) dan kelainan emosi (emotional disturb), dapat diuraikan
sebagai berikut:
- Anak kesulitan penyesuaian sosial dapat dikelompokkan menjadi sebagai berikut:
- Anak kelainan emosi, ekspresi wujudnya ditampakkan dalam bentuk sebagai berikut:
- Kecemasan mendalam tetapi kabur dan tidak menentu arah kecemasan yang dituju (anxiety neurotic). Kondisi ini digunakan sebagai alat untuk mempertahankan diri melalui represi.
- Kelemahan seluruh jasmani dan rohani yang disertai dengan berbagai keluhan sakit pada beberapa bagian badannya (astenica) yang sukar diselesaikan. Alat untuk mempertahankan diri dari kondisi ini melalui pnarikan diri dari pergaulan.
- Gejala yang merupakan tantangan balas dendam karena adanya perlakuan yang kasar (hysterica konversia). Kondisi ini terjadi akibat perlakuan kasar yang diterima sehingga ia juga akan berlaku kasar terhadap orang lain sebagai balas dendam untuk kepuasan dirinya.
Layanan
Bagi Anak Tunalaras
- 1. Jenis jenis layanan
Dalam jenis-jenis layanan dalam buku
pengantar pendidikan luar biasa akan dikemukakan beberapa hal, seperti berikut.
- a. Mengurangi atau menghilangkan kondisi yang tidak menguntungkan yang menimbulkan atau menambah adanya gangguan perilaku.
Adapun kondisi yang tidak
menguntungkan itu adalah sebagai berikut
1)
Lingkungan fisik yang tidak memadai seperti ukuran kelas yang kecil dan
sanitasi yang bruruk. Tidak jarang hal ini akan menjadikan anak merasa bosan
dan tidak betah berada disekolah.
2)
Disiplin sekolah yang kaku dan tidak konsisten, seperti peraturan
sekolah yang member hukuman tanpa memperhatikan berat dan ringannya pelanggaran
siswa. Keadaan ini akan membuat anak merasatidak puas terhadap sekolah
3)
Guru yang tidak simpatik sehingga situasi belajar tidak menarik. Akibatnya
murid sering membolos berkeliaran di luar sekolah pada jaman belajar,
kadang-kadang digunakan untuk merokok, tawuran, dan lain-lain.
4)
Kurikulum yang digunakan tidak berdasarkan kebutuhan anak. Akibatnya anak harus
mengikuti kurikulum bagi semua anak walaupun hal itu tidak sesuai dengan
bakatnya. Demikian pula kurikulum yang berubah-ubah menjadikan anak merasa
jenuh, dan melelahkan.
5)
Metode dan teknik mengajar yang kurang mengaktifkan anak dapat mengakibatkan
anak bosan dan merasa lelah.
Selanjutnya Kauffman (1985)
mengemukakan ada enam kondisi yang menyebabkan ketunalarasan dan kegagalan
belajar, yaitu:
1)
Guru yang tidak sensitive terhadap kepribadian anak
2)
Harapan guru yang tidak wajar
3)
Pengelolaan belajar yang tidak konsisten
4)
Pengajaran keterampilan yang tidak relevan atau nonfungsional
5)
Pola reinforcement yang keliru, misalnya diberikanpada saat anak berperilaku tidak
wajar
6)
Model/contoh yang tidak baik dari guru dan dari teman sebaya.
Kondisi-kondisi yang tidak
menguntungkan tersebut agar dihindari sehingga tidak terjadi perkembangan anak
kearah penyimpangan perilaku dan kegagalan akademiknya. Lingkungan sekolah yang
ditata dengan baik akan menyenangkan anak belajar dan terhindar dari perasaan
bosan, lelah, serta tingkah laku yang tidak wajar.
- b. Menentukan model-model dan teknik pendekatan
1)
Model pendekatan
Sehubungan dengan model yang
digunakan dalam memberikan layanan kepada anak tunalaras Kauffman (1985)
mengemukakan jenis-jenis model pendekatan sebagai berikut.
- Model biogenetic
Model ini dipilih berdasarkan asumsi
bahwa gangguan perilaku disebabkan oleh kecacatan genetic atau biokimiawi
sehingga penyembuhannya ditekankan pada pengobatan, diet, olahraga, operasi,
atau mengubah lingkungannya
- Model behavioral (tingkah laku)
Model ini mempunyai asumsibahwa
gangguan emosi merupakan indikasi ketidakmampuan menyesuaikan diri yang
terbentuk, bertahan, dan mungkin berkembang karena berinteraksi dengan
lingkungan, baik di sekolah maupun di rumah. Oleh karena itu, penangannya tidak
hanya ditujukan kepada anak tetapi pada lingkungan tempat anak belajar dan
tinggal
- Model psikodinamika
Model ini berpandangan bahwa
perilaku yang menyimpang atau gangguan emosi disebabkan oleh gangguan atau
hambatan yang terjadi dalam proses perkembangan kepribadian karena berbagai
factor sehingga kemampuan yang diharapkan sesuai dengan usianya terganggu. Ada
juga yang mengatakan adanya konflik batin yang tidak teratasi. Oelh karena itu,
untuk mengatasi gangguan perilaku itu dapat diadakan pengajaran
psikoedukasional, yaitu menggabungkan usaha membantu anak dalam mengekspresikan
dan mengendalikan perasaannya.
- Model ekologis
Model ini menganggap bahwa kehidupan
ini terjadi karena adanya interaksi antara individu dengan lingkungannya.
Gangguan perilaku terjadi karena adanya disfungsi antara anak dengan
lingkungannya. Oleh kaena itu, model ini menghendaki dalam memperbaiki problem
perilaku agar menguoayakan interaksi yang baik antara anak tentang
lingkungannya, misalnya dengan mengubah persepsi orang dewasa tentang anak atau
memodifikasi persepsi anak dengan lingkungannya. Rhoden (1967) menyatakan bahwa
masalah perilaku adalah akibat interaksi destruktif antara anak dengan
lingkungannya (keluarga, teman sebaya, guru, dan sekelompok kebudayaannya)
2)
Teknik pendekatan
Beberapa teknik pendekatan yang
digunakan dalam mengatasi masalah perilaku, di antaranya adalah sebagai
berikut:
- Perawatan dengan obat
Kavale dan Nye (1984) mengemukakan
bahwa obat-obatan dapat mengurangi atau menghilangkan gangguan perilaku,
seperti adanya perbaikan perhatian, hasil belajar dan nilai tes yang baik,
serta anak hiperaktif menuju kearah perbaikan.
- Modifikasi perilaku
Salah satu teknik yang banyak
dilakukan untuk mendorong perilaku prososial dan mengurangi perilaku antisocial
adalah penyesuaian perilaku melalui operant conditioning dan task analysis
(analisis tugas). Dengan operant conditioning kita mngendalikan stimulus yang
mengikuti respons. Pengondisian operant berdasarkan prinsip dasar bahwa
perilaku adalah suatu fungsi konsekuensi penerapan stimulus positif segera
setelah suatu respons merupakan hukuman.
Ada beberapa langkah melakukan
modifikasi perilaku, yaitu:
a)
Menjelaskan perilaku yang akan diubah
b)
Menyediakan bahan yang mengharuskan anak untuk duduk diam
c)
Mengatakan perilaku yang diterima.
Task
analysis dilaksanakan dengan cara menata
tujuan dan tugas dengan lengkap, membuat tugas dengan terperinci sehingga anak
dapat melakukannya, barulah anak mengerjakan tugas itu dalam jangka waktu
tertentu, mengadakan pujian bila anak berhasil.
a)
Strategi psikodinamika
Tujuan utama pendekatan
psikodinamika adalah membantu anak menjadi sadar akan kebutuhannya, keinginan,
dan kekuatannya sendiri. Penganjur strategi ini menyarankan agar dilakukan
evaluasi diagnostic, perawatan, pengambilan keputusan, dan prosedur psikiatrik.
Mereka melihat bahwa perilaku maladaptive adalah pertanda konflik jiwa. Mereka
percaya bahwa penyingkiran suatu gejala tanpa menghilangkan penyebabnya hanya
menyebabkan penggantian dengan gejala lainnya.
b)
Strategi ekologi
Pendukung teknik, mengasumsikan
bahwa dengan diciptakannya lingkungan yang baik maka perilaku anak akan baik
pula.
- c. Tempat layanan
Tempat layanan pendidikan bagi anak
yang mengalamigangguan perilaku adalah ditempatkan disekolah khusus dan ada
pula yang dimasukkan dalam kelas-kelas biasa yaitu belajar bersama-sama dengan
anak normal. Berikut ini akan dikemukakan macam-macam tempat pendidikan anak
tunalaras.
1)
Tempat khusus
Tempat ini dikenal dengan Sekolah
Luar Biasa Anak Tunalaras (SLB-E). sama halnya dengan sekolah luar biasa yang
lain, SLB-E memiliki kurikulum dan struktur pelaksanaannya yang disesuaikan
dengan keadaan anak tunalaras. Anak yang diterima pada lembaga khusus ini
biasanya anak yang mengalami gangguan perilaku yang sedang dan berat. Maksudnya
perilaku anak telah mengarah pada tindakan criminal dan sangat mengganggu
lingkungannya. Pelaksanaan pendidikan anak tunalaras dapat and abaca pada
pelaksanaan pendidikan anak luar biasa jenis lain karena prinsipnya adalah
sama.
2)
Tempat integrasi (terpadu)
Dari banyak jenis anak tunalaras,
ada 3 jenis, yaitu hyperactive, distraktibilitas, dan impulsitas yang
kemungkinan banyak dijumpai di sekolah biasa (umum), di mana mereka belajar
bersama-sama dengan anak normal. Oleh sebab itu, pada uraian berikut akan
dikemukakan hal-hal yang berkaitan dengan layanan terhadap anak-anak tersebut.
- Hiperaktif
Berdasarkan klasifikasi dan
karakteristik yang dikemukakan oleh Quay (Hallahan & Kauffman, 1986),
hiperaktif termasuk dalamdimensi anak yang bertingkah laku kacau. Cirri-ciri
anak hiperaktif adalah sebgai berikut:
a)
Gerakkannya terlalu katif, tidak bertujuan, tak mau diam sepanjang hari, bahkan
waktu tidur ada yang melakukan gerakdiluar kesadaran
b)
Suka mengacau teman-teman sebayanya, dalam bertindak hanya menurutkan kata
hatinya sendiri dan mudah tersinggung
c)
Sulit memperhatikan dengan baik
Hiperaktif disebabkan oleh banyak
factor, seperti disfungsi otak, kekurangan oksigen, kecelakaan fisik, keracunan
serbuk timah, kekurangan giizi dan perawatan pada masa tumbuh kembang, minuman
keras dan obar-obatan terlarangselama kehamilan, kemiskinan, dan lingkungan
keluarga yang tidak sehat.
Berdasarkan factor-faktor peyebab
tersebut maka dapat diasumsiskan bebrapa cara/teknik dalammengadakan layanan,
antara lain medikasi/penggunaan obat, diet, modifikasi tingkah laku, lingkungan
ynag terstruktur, pengendalian diri, modeling.
Adapun pelaksanaan dari
teknik-teknik tersebut diadaptasikan dari Kauffman (1985), yaitu:
a)
Medikasi
Bagi anak hiperaktif, medikasi
sering dipakai adalah obat-obatan perangsang saraf terutama yang ada kaitannya
dengan penenangan
b)
Diet
Diet yang dianjurkan adalah
pantangan berbagai macam makanan termasuk makanan yang mengandung zat pewarna
atau penyedap rasa tiruan yang dapat menyebabkan hiperaktif. Juga disarankan
agar dihindari penggunaan obat kumur yang mengandung zat pewarna.
c)
Modifikasi tingkah laku
Semua perilaku merupakan
hasilbelajar atau diperoleh dari interaksi individu dengan lingkungannya. Oleh
karena itu, perilaku juga dapat diubah dan dikendalikan dengan mengukur pola
interaksi antara individu dengan lingkungannya. Agar penerapan teknik
modifikasi tingkah laku berhasil perlu diperhatikan berbagai prinsip antara
lain : menentukan kapan harus member hadiah, kapan harus member hukuman, serta
jenis penguat apa yang pantas dipakai.
d)
Lingkungan yang terstruktur
Pada dasarnya, pendekatan ini
menekankan pengaturan lingkungan belajar anak sehingga tidak menjadi penyebab
munculnya perilaku hiperaktif, misalnya dengan mengurangi
objek/benda/warna/suara di kelas yang dapat mengganggu perhatian anak,
penjelasan secara terperinci jenis perilaku yang dapat/tidak dapat dilakukan
anak di kelas, pemberian konsekuensi(hadiah, hukuman) yang sangat konsisten,
dan system pembelajaran yang sangat terstruktur.
e)
Modeling
Perilaku yang ditunjukkan anak
sering merupakan akibat meniru atau mencontoh perilaku yang diberikan oleh
teman sekelas atau orang dewasa. Dengan asumsi ini, sistem meniru (modeling)
dapat dipakai untuk mengurangi perilaku hiperaktif. Prosedur yang dipakai
adalah dengan menyuruh anak normal di kelas untuk member contoh perilaku yang
baik.
f)
Biofeedback
Biofeedback
merupakan teknik pengendalian perilaku atas proses biologis internal dengan
cara member informasi kepada anak mengenai kondisi perilaku dan tubuhnya.
Adapun pelaksanaannya, antara lain anak dilatih untuk mengendalikan
otot-ototnya dengan memantau sendiri tekanan ototnya.
- 2. Macam-macam layanan
Di dalam pelaksanaan
penyelenggaraannya kita mengenal macam-macam bentuk penyelenggaraan pendidikan
anak tunalaras/sosial sebagai berikut:
- Penyelenggaraan bimbingan dan penyuluhan di sekolah reguler. Jika diantara murid di sekolah tersebut ada anak yang menunjukan gejala kenakalan ringan segera para pembimbing memperbaiki mereka. Mereka masih tinggal bersama-sama kawannya di kelas, hanya mereka mendapat perhatian dan layanan khusus.
- Kelas khusus apabila anak tunalaras perlu belajar terpisah dari teman pada satu kelas. Kemudian gejala-gejala kelainan baik emosinya maupun kelainan tingkah lakunya dipelajari. Diagnosa itu diperlukan sebagai dasar penyembuhan. Kelas khusus itu ada pada tiap sekolah dan masih merupakan bagian dari sekolah yang bersangkutan. Kelas khusus itu dipegang oleh seorang pendidik yang berlatar belakang PLB dan atau Bimbingan dan Penyuluhan atau oleh seorang guru yang cakap membimbing anak.
- Sekolah Luar Biasa bagian Tunalaras tanpa asrama Bagi Anak Tunalaras yang perlu dipisah belajarnya dengan kawan yang lain karena kenakalannya cukup berat atau merugikan kawan sebayanya.
- Sekolah dengan asrama. Bagi mereka yang kenakalannya berat, sehingga harus terpisah dengan kawan maupun dengan orangtuanya, maka mereka dikirim ke asrama. Hal ini juga dimaksudkan agar anak secara kontinyu dapat terus dibimbing dan dibina. Adanya asrama adalah untuk keperluan penyuluhan.
F. SLB-G
Pengertian dan Karakteristik Anak Tunaganda
Yang disebut anak tunaganda
adalah anak yang memiliki kombinasi kelainan (baik dua jenis kelainan atau
lebih) yang menyebabkan adanya masalah pendidikan yang serius ,sehingga dia
tidak hanya dapat diatas dengan suatu program pendidikan khusus untuk satu
kelainan saja, melaiankan harus didekati dengan variasi program pendidikan
sesuai kelainan yang dimiliki.
Anak
tunaganda biasanya menunjukkan fenomena-fenomena perlaku di antaranya :
1.Kurang komunikasi atau sama sekali tidak dapat berkomunikasi.
2. Perkembangan motorik dan fisiknya terlambat.
1.Kurang komunikasi atau sama sekali tidak dapat berkomunikasi.
2. Perkembangan motorik dan fisiknya terlambat.
3. Seringkali menunjukkan
perilaku yang aneh dan tidak bertujuan.
4. Kurang dalam keterampilan
menolong diri sendiri.
5.Jarang berperilaku dan berinteraksi
yang sifatnya konstruktif.
6.Kecenderungan lupa akan
keterampilan keterampilan yang sudah dikuasai.
7.Memiliki masalah dalam mengeneralisasikan keterampilan keterampialan dari suatu situasi ke situasi lainnya.
7.Memiliki masalah dalam mengeneralisasikan keterampilan keterampialan dari suatu situasi ke situasi lainnya.
Klasifikasi anak Tunaganda
Pada dasarnya ada beberapa kombinasi
kelaianan, di antaranya:
1. Kelainan utamanya tunagrahita.
Gabungannya dapat tunagrahita
atau tunanetra. Gabungan dengan tunanetrainilah yang dipandang paling berat
cara menanganinya.
2. Kelainan utamanya tunarungu.
Gabungannya dapat tunagrahita
atau tunanetra. Gabungan dengan tunanetra inilah yang dipandang paling berat
cara menanganinya.
3. kelainan utamanya
tunanetra.
Gabungannya dapat berwujud
tunalaras, tunarungu, dan kelainan yang
4. Kelainanan utamanya tunadaksa.
4. Kelainanan utamanya tunadaksa.
Gabungannya dapat berwujud
tunagrahita, tunanetra, tunarungu, gayaemosi, dan kelainan lain.
5. Kelainan utamanya tunalaras. Gabungannya dapat berwujud
austisme dan pendengaran.
6. Kombinasi kelainan lain.
6. Kombinasi kelainan lain.
Penyebab Anak tunaganda
disebabkan oleh faktor yang variatif, yang dapat terjadi pada saat sebelum
kelainan, saat kelahiran, dan atau setelah kelahiran.
1. Faktor Prenatal : ketidaknormalan kromosom
komplikasi-komplikasi pada anak dalam kandungan ketidakcocokan Rh infeksi pada
ibu, kekurangan gizi ibu yang sedang mengadung, serta terlalu banyak
menkonsumsi obat dan alcohol.
2. Faktor Natal : Kelahiran prematur kekurangan oksigen pada saat
kelahiran luka pada otak saat kelahiran.
2. Faktor Natal : Kelahiran prematur kekurangan oksigen pada saat
kelahiran luka pada otak saat kelahiran.
3. Faktor natal : Kepala mengalami kecelakaan
kendaraan ,jatuh ,dan mendapat
pukulan atau siksaan
4. Nutrisi yang salah : Anak tidan dirawat dangan baik,
keracunan makanan atau penyakit tertentu yang sama, sehingga dapat berpengaruh
tehadap otak (meningitis atau encephalities).
Prevalensia Anak Tunaganda mengingat
belum ada defininsi yang dapat diterima secara umum tentang anak tunaganda,
maka tidak ada gambaran yang akurat tentang prevalensi anak tunaganda. jika
menggunakan analog di Amerika Serikat, maka jumlah anak tunaganda berkisar
sekitar 0,05% sampai dengan 0,1% dari populasi usia sebaya. Berdasarkan asumsi
bahwa jumlah anak tunaganda di Indonesia proporsinya sama dengan yang di
Amerika Serikat, maka jumlah anak anak usia sekolah di Indonesia yang sekitar
60 juta orang, maka anak tunaganda Indonesia sekitar 99.000 anak sampai 110.000
anak.
LAYANAN PENDIDIKANNNYA
Pada masa lalu,tunaganda secara
rutin dipisahkan dari sekolah regular,bahkan sekolah Khusus .Namun sejak tahun
80-an layanan pendidikan bagi anak tunaganda semakin mendapat perhatian di
tengah-tengah masyarakat, dengan mendirikan sekolah-sekolah khusus. Demikian
juga program-program pendidikan bagi anak
tunaganda semakin dikembangkan untuk anak usia sedini mungkin.setidak-tidaknya program pendidikan lebih diorientasikan untuk meninmgkatkan kemandirian anak.untuk menjaga efekvitas program pendidikan,maka program seharusnya mengakes empat bidang utama, yaitu bidang domestik, rekreasional, ,kemasyarakatan, dan vokasional.Hasil asesmen ini mungkinkan dapat membantu dalam merumuskan tujuan yang lebih fungsional.Sementara itu dengan pengajaran seharusnya mencakup,di antaranya:ekspresi pilihan, komunikasi,pengembangan keterampilan fungsional,dan latihan keterampilan sosial sesuai dengan usianya,menyadari akan kondisi obyektif anak anak tunaganda,maka pendekatan multidipliner adalah penting.Oleh karena itu orang-orang yang sesuai dalam mengatasi anak tunaganda,seperti terapis bicara dan bahasa,terapis bicara dan bahasa,terapi fisik dan okupasional seharusnya bekerjasama dengan guru-guru kelas,guru-guru khusus dan orangtua,karena perlajuan yg lebih cocok untuk mengatasi anak-anak tunaganda berkenaan dengan masalah ketererampilan adalah memberikan layanan yang terbaik daripada yang diberikan ditempat terapi yang terpisah.Untuk dapat menjamin kemandirian menjamin kemandirian anak tunaganda dalam proses pembelajaran perlu didukung dengan penataan kelas yang sesuai,alat bantu dalam meningkatan keterampilan fungsionalnya. Integrasi dengan anak seusia merupakan komponen lainnya yg penting.menghadirin sekolah regular dan berpartisipasi dalam kegiatan yg sama dengan anak-anak normal adalah penting untuk pengembangkan keterampilan sosial dan persahabatan,di samping dapat mendorong adanya perubahan sikap yg lebih positif.
tunaganda semakin dikembangkan untuk anak usia sedini mungkin.setidak-tidaknya program pendidikan lebih diorientasikan untuk meninmgkatkan kemandirian anak.untuk menjaga efekvitas program pendidikan,maka program seharusnya mengakes empat bidang utama, yaitu bidang domestik, rekreasional, ,kemasyarakatan, dan vokasional.Hasil asesmen ini mungkinkan dapat membantu dalam merumuskan tujuan yang lebih fungsional.Sementara itu dengan pengajaran seharusnya mencakup,di antaranya:ekspresi pilihan, komunikasi,pengembangan keterampilan fungsional,dan latihan keterampilan sosial sesuai dengan usianya,menyadari akan kondisi obyektif anak anak tunaganda,maka pendekatan multidipliner adalah penting.Oleh karena itu orang-orang yang sesuai dalam mengatasi anak tunaganda,seperti terapis bicara dan bahasa,terapis bicara dan bahasa,terapi fisik dan okupasional seharusnya bekerjasama dengan guru-guru kelas,guru-guru khusus dan orangtua,karena perlajuan yg lebih cocok untuk mengatasi anak-anak tunaganda berkenaan dengan masalah ketererampilan adalah memberikan layanan yang terbaik daripada yang diberikan ditempat terapi yang terpisah.Untuk dapat menjamin kemandirian menjamin kemandirian anak tunaganda dalam proses pembelajaran perlu didukung dengan penataan kelas yang sesuai,alat bantu dalam meningkatan keterampilan fungsionalnya. Integrasi dengan anak seusia merupakan komponen lainnya yg penting.menghadirin sekolah regular dan berpartisipasi dalam kegiatan yg sama dengan anak-anak normal adalah penting untuk pengembangkan keterampilan sosial dan persahabatan,di samping dapat mendorong adanya perubahan sikap yg lebih positif.
6 komentar:
Terimakasih atas ilmunya
Sangat bermanfaat ,luar biasa terimakasih
Thanks a lot for sharing these
terimakasih banyak atas pengetahuannya.. ijin share sis
Halo... Saya sedang menyusun skripsi untuk program S1 dan saya membutuhkan bahan artikel Anda ini. Jika diperbolehkan, apakah boleh saya mengetahui darimana sumber artikel Anda ini? Bantuan Anda akan sangat menolong saya dan jika berkenan mohon membalas pesan saya ke adheliasubalie05@yahoo.com. Terimakasih.
CERITA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH
Assalamualaikum saya bambang asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah ijazah saya yang kemarin mulai dari SD sampai SMA saya hangus terbakar, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0853-2174-0123, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp/WA 0853-2174-0123, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsun selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....
1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
– Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
– Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
– Drop out takut dimarahin ortu
– IPK jelek, ingin dibagusin
– Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
– Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
– Dll.
2. PRODUK KAMI
Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
SARJANA (S1, S2)..
Hampir semua perguruan tinggi kami punya
data basenya.
UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
STIE SUKABUMI YAI
ISTN STIE PERBANAS
LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
STIMIK UKRIDA
UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
UNIVERSITAS SAHID DLL
3. DATA YANG DI BUTUHKAN
Persyaratan untuk ijazah :
1. Nama
2. Tempat & tgl lahir
3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke email kami.
4. IPK yang di inginkan
5. universitas yang di inginkan
6. Jurusan yang di inginkan
7. Tahun kelulusan yang di inginkan
8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
9. Semua data di kirim sesuai alamat kantor
10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
4. Biaya – Biaya
• SD = Rp. 1.500.000
• SMP = Rp. 2.500.000
• SMA = Rp. 3.000.000
• D3 = 6.000.000
• S1 = 7.500.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
• S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
• S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
(kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
• D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
(minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
• Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000
Posting Komentar